Literasi Digital melalui Coronapedia sebagai Komitmen Perpustakaan Nasional ; Insaniyat Journal


🔍 Artikel Ilmiah     : The Efforts of National Library of Indonesia in Providing Covid-19:                                                   Reliable Resources through Coronapedia

✍️ Penulis                : Fanny Maharani and Ade Abdul Hak

📖 Jurnal Publikasi  : Insaniyat Journal of Islam and Humanities

📚 Volume                : 7

🔢 Nomor                 : 1

📄 Halaman              : 71 -84

🔗DOI                       : 10.15408/insaniyat.v7i1.27536

🌐 URL                      : https://journal.uinjkt.ac.id/index.php/insaniyat/article/view/27536

🧾E-ISSN                  : 2541-500X

🎓 Kategori Sinta    : 2

🔑About                   : National Library of Indonesia; Covid-19 Reliable Resources; Digital Literacy;                                         Coronapedia.

 

INTRODUCTION

Atikel jurnal ini dikembangkan dan diterbitkan oleh FakultasAdab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta,Indonesia. Jurnal Islam dan Humaniora bekerjasama dengan Asosiasi DosenIlmu-Ilmu Adab (ADIA). Asosiasi ini beranggotakan seluruh Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri se-Indonesia. Jurnal ini mendukung penafsiran yang kritis dan orisinal yang menyoroti fenomena spesifik di berbagai disiplin ilmu, termasuk sejarah, studi film, sastra, antropologi dan museologi, serta studi regional dan budaya.

WHAT’S IMPORTANT?

Apa sih sebetulnya pembahasan atikel ini? Nah buat yang mau kepo-in artikel ini, aku bakal spill sedikit ya… Jadi artikel ini membahas tentang gimana sih Perpustakaan Nasional (Perpusnas RI) menciptakan sumber daya yang bisa diandalkan untuk masyarakat selama pandemi Covid-19. Yang mana, fokus utama bahasannya yaitu upaya Perpustakaan Nasional dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap Covid-19 melalui pengembangan "Coronapedia".


🌟Wajib Banget nih buat Dibaca!

Pada awalnya iPusnas dibuat untuk memudahkan pemustaka dalam memanfaatkan layanan Perpustakaan Nasional RI dan mengenalkan perpustakaan di era digital saat ini. IPusnas telah memasukkan program Corona pedia, sebagai Langkah untuk penyebaran informasi mengenai virus corona berbasis digital. Corona Pedia merupakan salah satu media informasi berbasis teknologi 4.1 yang dikembangkan oleh PT. Aksaramaya pada tahun 2016.  Sebagai program baru dari iPusnas, Coronapedia banyak diminati oleh pengguna, oleh karena itu, dengan adanya aplikasi ini, perpustakaan dapat meningkatkan literasi digital di kalangan Masyarakat. Dan dengan adanya aplikasi ini pula perpustakaan dapat memberikan informasi sekaligus intelijen kepada pengguna terkait virus corona, karena aplikasi ini berbasis mobile jadi mudah digunakan dimana saja dan kapan saja.


🚀kenapa sih artikel ini penting?

1.       Peningkatan Literasi:

Selain dari Meningkatkan literasi digital, kamu juga akan mendapat esesi literasi covid-19 dalam artikel ini. Karena penulis menuliskan berbagai sumber tepercaya mengenai bagaimana seseorang harus mengembangkan kemampuan literasinya, dan artikel ini telah memberikan wawasan tentang itu. 

 

2.      Interpretasi Informasi:

Dengan adanya artikel ini, kita bisa memiliki kemampuasn menafsirkan dan menyimpulkan informasi dengan baik melalui aplikasi corona pedia yang ada di IPusnas. Karena sumber yang digunakan yaitu berdasarkan informasi langsung dari Perpusnas, yang merupakan rujukan informasi paling releable. Maka kita bisa Memahami, mencerna, menafsirkan serta melakukan tindakan yang tepat dan baik .

 

3.      Dapat selalu terhubung:

Karena aplikasi corona pedia merupakan mobile application yang terhubung langsung ke ipusnas, maka literasi digital pengguna akan meinglat seiring penjelajahan aplikasi tersebut. Selain itu, pengguna juga bisa menghemat waktu dan lebih mudah mengakses teknologi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkannya dibandingkan mencari informasi melalui sumber cetak.

 

🤓 Artikel ini untuk siapa sih?

Sebetulnya, website ini amat sangat relevan bagi seliruh orang khususnya penduduk Indonesia, karena seluruh warna Indonesia mengalami pandemi Covid-19 ini. Disamping itu, kurangnya tingkat literasi digital diindonesia juga masih tergolong rendah. Dengan adanya aplikasi dan informasi yang dikelola langsung oleh perpusnas ini maka bisa dipastikan jika informasinya valid. Maka dari itu, dengan adanya aplikasi ini, dapat menjadikan warga negara Indonesia terhindar dari adanya hoax, serta peningkatan literasi terhadap virus corona dan juga literasi digital.

 

💬Let's Check

Dalam artikel ini kita dapat banyak pengetahuan serta informasi ter-Update dan terpercaya mengenai pandemi yang dirasakan oleh banyak orang hampir diseluruh belahan dunia. Artikel ini dapat memberikan pemahaman yang mendalam serta membantu meningkatkan literasi pembaca. Tidak hanya itu, artikel ini juga bisa menjadi rujukan dan membantu peneliti dalam mengembangkan penelitiannya. Jangan lupa untuk cek artikel ini pada link yang sudah tertera diatas yaa.. Jangan lupa juga buat mampir ke jurnal insaniyat adab dan Humaniora ini yaa.. karena disini tempatnya untuk kamu yang butuh informasi seputar adab dan Humaniora. Dijamin deh disini kamu bakal nemuin banyak referensi yang pastinya terpercaya.

 

16 Komentar

Komen Yuk

  1. otww baca sii penasarann bgtt><

    BalasHapus
  2. Wah bermanfaat bangettt nihh, makasih infonyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak😄
      Yuk cek postinganku yang lain 🤭

      Hapus
  3. Wahh informatifff sekalii 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kak, semoga bisa menambah insightnya ya kak😁

      Hapus
  4. wahh sangat membantu nih, makasi informasi nya

    BalasHapus
  5. bagus banget informasinya, jadi pengen baca artikel nya :)

    BalasHapus
  6. yeyy nambah deh pengetahuan aku, terimakasih kaa

    BalasHapus
  7. Makasii infonya kaa, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  8. Wih kerenn, makasii ka informasinya

    BalasHapus

Posting Komentar

Komen Yuk

Lebih baru Lebih lama